fbpx

Furniture Online Terpercaya

Memilih Jenis dan Model Mimbar Kayu Jati

Mimbar Kayu Jati – Kayu jati merupakan bahan yang sering digunakan dalam kerajinan kayu. Walaupun harganya cenderung lebih mahal daripada kayu jenis lain, kayu jenis ini tetap diminati oleh banyak orang. Sebab kayu jati memiliki kekuatan, keawetan, serta keindahan pada seratnya yang tidak ada dalam kayu jenis lain. Selain itu, kayu jati memiliki daya tahan yang baik terhadap cuaca, perubahan suhu, serta tahan dari serangan rayap dan jamur.

Ada banyak kerajinan yang dihasilkan dari kayu jati, salah satunya yaitu mimbar. Berbicara mengenai mimbar, tentunya sudah tidak asing lagi bukan? Anda pastinya juga sering menjumpainya baik di masjid ataupun acara-acara lain.

Mimbar Jati Jepara Dengan Model Minimalis dan Ukiran

Mimbar Jati Jepara Dengan Model Minimalis dan Ukiran

Beberapa Fungsi Mimbar Kayu Jati Yang Wajib Diketahui

Mimbar memiliki banyak fungsi, seperti digunakan untuk khutbah di masjid, pidato, dan lainnya. Dengan semakin meluasnya penggunaan mimbar, semakin banyak pula orang yang menjualnya. Oleh karena hal tersebut, anda harus lebih cermat dalam memilih mimbar dengan kualitas terbaik. Tetap pilih mimbar dengan bahan awet dan kuat. Salah satunya yaitu menggunakan mimbar berbahan kayu jati yang memang sudah terkenal akan kekuatan dan keawetannya. Ada beberapa tips yang mungkin bisa anda gunakan ketika hendak membeli mimbar kayu jati agar mendapatkan kualitas terbaik.

Berikut ini beberapa cara mendapatkan mimbar kayu jati dengan kualitas terbaik:

  1. Pilihlah material bahan yang bagus

Pada dasarnya tidak ada aturan mengenai terbuat dari apa sebuah mimbar. Namun, anda disarankan untuk menggunakan mimbar dengan bahan baku kayu jati yang memang dikenal akan keawetannya dan kekokohannya. Namun, pilihan tetaplah ada di tangan anda. Tanyakan juga mengenai spesifikasi produk, seperti apa pemilihan kayu, jenis kayu jati, serta finishingnya.

  1. Pilihlah warna yang sesuai

Ada beberapa pilihan warna dari mimbar, seperti putih, coklat tua, coklat muda, dan hitam. Namun, kebanyakan orang menggunakan warna coklat. Anda bisa memilih warna mimbar sesuai dengn selera anda.

  1. Pilihlah ukuran yang sesuai

Usahakan anda untuk menggunakan ukuran yang sedang. Jangan terlalu besar sebab bisa memakan banyak tempat dan ruangan akan cenderung terlihat lebih sempit. Ukuran yang umumnya digunakan adalah memiliki panjang kurang lebih 90 cm, lebar kurang lebih 60 cm dan tingginya kurang lebih 130 cm.

  1. Pilihlah model mimbar yang anda inginkan

Ada banyak model yang bisa anda gunakan, salah satunya adalah mimbar model minimalis. Untuk mimbar model minimalis biasanya memiliki ukuran yang lebih kecil dengan ukiran yang sederhana dan sedikit. Ada juga yang menggunakan model mimbar mewah. Berbeda dengan mimbar minimalis, mimbar mewah memiliki banyak ukiran, bahkan ada yang menggunakan aksen warna keemasan pada bagian ukirannya. Kendatipun demikian, hal tersebut tergantung dari selera si pemakai dan tergantung digunakan pada acara apa.

Mimbar Pidato Presiden Jati Jepara, Logo BKN Kantor Regional II

Mimbar Pidato Presiden Jati Jepara, Logo BKN Kantor Regional II

Itulah tadi beberapa tips yang bisa anda gunakan ketika hendak membeli mimbar kayu jati. Anda akan sangat diuntungkan jika menggunakan mimbar kayu jati. Sebab mimbar dengan bahan ini memiliki keunggulan yang tidak anda dapatkan ketika menggunakan mimbar berbahan lain.

Keunggulan Mimbar Kayu Jati tersebut meliputi :

  1. Kuat
  2. Tahan lama
  3. Memiliki serat yang indah
  4. Tidak akan dimakan rayap
  5. Tahan terhadap cuaca
  6. Tidak akan terpengaruh oleh perubahan cuaca

Banyak sekali keuntungan yang anda peroleh ketika anda menggunakan podium kayu jati. Oleh karena itu, anda sangat direkomendasikan untuk menggunakan mimbar berbahan kayu jati. Selain itu perlu anda ketahui bahwa keawetan dari sebuah mimbar juga tergantung dari cara anda merawat dan membersihkannya. Cara perawatan podium jati cukup mudah yaitu dengan mengelapnya menggunakan lap basah. Gunakan lap yang bertekstur lembut agar podium kayu tidak tergores. Jika warna cat dari mimbar jati mulai pudar, maka anda bisa mengecat ulang.

Podium Pidato Polres Indramayu Kayu Jati Solid Kombinasi Stainless

Podium Pidato Polres Indramayu Kayu Jati Solid Kombinasi Stainless

Awal mulanya, mimbar merupakan sebuah gundukan sebagai tempat duduk Nabi Muhammad SAW. Pembuatan gundukan tersebut dilatarbelakangi oleh Nabi Muhammad SAW yang sedang menyampaikan khutbah jumat. Dikarenakan isi khutbah beliau ketika itu cukup panjang, Nabi Muhammad SAW seringkali merasa kelelahan sebab harus berdiri dalam waktu yang cukup lama. Kemudian Nabi Muhammad SAW menancapkan sebuah batang kurma di tempat beliau berdiri. Batang kurma tersebut kemudian digunakan untuk bersandar saat beliau menyampaikan khutbah. Beberapa saat kemudian, seorang sahabat menawarkan diri untuk membuatkan sebuah dudukan untuk Nabi Muhammad SAW. Dudukan ini dibuat agar Nabi Muhammad SAW merasa lebih nyaman saat menyampaikan khutbah. Selain itu, dudukan Nabi Muhammad SAW dibuat lebih tingggi.

Sejarah dalam Sebuah Mimbar yang sangat identik.

Hal tersebut dimaksudkan agar seluruh jamaah bisa melihat Nabi Muhammad SAW berkhutbah. Ini berarti mimbar yang saat ini dikenal menjadi tempat khatib menyampaikan khutbah di masjid dan pada kegiatan lainnya sebenarnya sudah ada sejak dulu. Tepatnya yaitu ketika Nabi Muhammad SAW membangun sebuah masjid di Madinah, yakni masjid Nabawi. Berbeda dengan zaman dulu ketika mimbar masih terbuat dari tumpukan batu bata dan kayu dari pelepah kurma, saat ini bentuk dari mimbar sudah mulai berubah. Orang-orang mulai mengkreasikannya dengan kebudayaan masyarakat, salah satunya yaitu seni ukir. Untuk mimbar yang digunakan di masjid, biasanya memiliki ukiran pada bagian tertentu. Ukiran tersebut juga dibuat khusus, yaitu ukiran lafadz ayat suci Al-Quran. Sedangkan untuk mimbar yang digunakan pada kegiatan lain biasanya memiliki ukiran yang umum. Selain itu, anda juga bisa menggunakan desain ukir anda sendiri. Ukiran pada mimbar akan lebih memperindah dan mempercantik tampilan mimbar.

Mimbar Masjid Minimalis HPL Unit Banyak Siap Berangkat

Mimbar Masjid Minimalis HPL Unit Banyak Siap Berangkat

Harga Mimbar terbaru 2020

Untuk harga dari mimbar kayu jati tentunya sangatlah beragam. Hal tersebut juga tergantung dari ukuran serta tingkat kesulitan. Harga podium kayu akan lebih mahal jika mimbar tersebut memiliki ukiran, terlebih lagi jika ukiranya banyak dan rumit. Pada umumnya mimbar model minimalis dengan bahan dari kayu jati non-ukir dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 700.000 hingga Rp. 900.000 Untuk mimbar model minimalis berbahan kayu jati dan memiliki ukiran pada bagian tertentu dibandrol dengan harga mulai dari Rp. 1000.000 hingga Rp. 1.300.000. Untuk podium jati dengan model mewah dibandrol dengan harga yang lebih mahal karena memiliki ukuran yang lebih besar dan memiliki banyak ukiran. Mimbar Jati model mewah dijual mulai dari Rp. 1.500.000 hingga Rp. 2.000.000 ke atas.

Pemesanan Mimbar untuk kebutuhan Masyarakat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, jangan sampai anda tergiur oleh penawaran harga murah atau dibawah harga pada umumnya. Tetap perhatikan kualitas dari mimbar jati jepara agar anda mendapat mimbar dengan kualitas terbaik dan memiliki daya pakai yang lama. Karena pada dasarnya, harga juga menentukan kualitas dari suatu produk termasuk mimbar jati. Dengan adanya podium kayu jati, tentunya akan lebih mempelancar jalannya kegiatan anda. Oleh karena itu, gunakan podium jati sekarang juga. Demikian penjelasan mengenai Mimbar Kayu Jati. Semoga artikel ini bermanfaat untuk anda.

 

Chat WA Kami